Love is (not) Blind

  • 0

Love is (not) Blind

Tags :

Category : DATING , LOVE , LSD

love is blind

Love is the most beautiful of dreams and the worst nightmares– William Shakespeare. Benarkah cinta itu sesuatu yang terindah sekaligus mimpi yang paling mengerikan? Ehmm, cinta bisa saja menjadi mimpi terburuk andaikan “cinta” itu membuat kita ‘buta’ akan segalanya, sampai-sampai rambu-rambu di firman Tuhan pun ditabrak!

Cinta selalu jadi persoalan klasik dalam kehidupan manusia. Cinta juga menjadi topik pembicaraan yang tak kunjung habis. Salah satunya yang kita akan bahas ini, CINTA BUTA.  Pernah dong mendengar istilah ini?  Istilah yang khas diucapkan saat seseorang sedang dilanda asmara atau cinta yang menggebu-gebu tanpa alasan yang jelas. Dan faktanya, bukan cuma para abege atau remaja yang bisa dihinggapi perasaan cinta semacam ini, tetapi juga orang dewasa. Ini membuktikan usia tidak menjamin seseorang terbebas dari resiko terjangkit cinta buta.

Di salah satu ceritanya, Sherlock Holmes mendapat tugas yang cukup unik, memisahkan kedua pasangan yang hampir menikah. Mengapa Sherlock Holmes yang begitu masyhur karena kepintarannya ditugaskan hanya untuk memisahkan sepasang calon suami istri? Ternyata sang calon istri yang diketahui sangat cantik nan anggun juga keturunan bangsawan, jatuh hati dengan seorang pembunuh bayaran yang kejahatannya sudah terkenal di seantero Eropa. Holmes yang saat itu berpikir bahwa ini adalah cinta yang salah langsung bertindak. Tetapi sang calon istri bersikukuh, bahkan mengusir Holmes secara paksa karena baginya segala kejahatan yang diceritakan Holmes hanya fitnah belaka. Barulah ketika Holmes mendapat bukti yang sangat kuat, yaitu buku catatan tentang beratus-ratus wanita yang dinikahi sang penjahat, sang calon istri tersadar dan sangat menyesal, lalu membatalkan rencana pernikahan mereka.

Cerita di atas bisa disebut cinta buta. Kata orang, cinta menjadi buta ketika hati dan logika tidak lagi sejalan. Ketika orang yang dilanda cinta lebih mengandalkan emosi ketimbang logikanya. Cinta buta membuat pemiliknya tidak bisa lagi melihat apapun secara jelas dan jernih. Alhasil akibat cintanya buta, ada orang yang nekad melakukan bunuh diri, pindah keyakinan, kabur dari rumah, melawan orang tua, kehilangan sahabat, terlibat kejahatan, dan 1001 tindakan konyol maupun tidak masuk akal demi nama cinta.

Aneh juga, kok cinta bisa buta? Para cendikiawan berusaha memecahkan misterinya lewat serangkaian penelitian. Salah satu pakar psikolog cinta bernama Ellen Berscheid mengatakan, dua orang yang baru jatuh cinta akan menganggap pasangannya sebagai sosok sempurna. Mereka akan melihat kelebihan sang kekasih dengan kaca pembesar dan mengabaikan kelemahannya, yang merupakan hasil kerja sama dopamine dan serotonin.

Di penelitian yang lain, untuk mengetahui keampuhan cinta dalam menyusun kembali kerja otak, para ahli dari beberapa perguruan tinggi di London melakukan uji coba dengan menggunakan alat scanning yang digunakan sambil menatap foto kekasih mereka. Dari hasil resonansi magnetik alat tersebut, diketahui seseorang yang tengah jatuh cinta kadang suka berbuat yang aneh-aneh, bodoh dan tidak masuk akal. Salah satu penyebabnya, tentu saja tidak aktifnya bagian otak yang biasanya digunakan untuk berpikir keras dan rasional. Well, itu kata mereka hehehe….

 6 signs of “blind love”

Kamu sedang dilanda “cinta buta” jika tanda-tanda ini ada pada kamu! Coba dicek!

 #1. Menutup telinga terhadap nasehat. Keluarga dan sahabat sudah bolak balik menasehati tentang hubunganmu dengan si dia, tetapi semua nasehat itu mental karena kamu tak acuh. Padahal apa yang mereka katakan adalah untuk kebaikanmu sendiri.

#2. Tidak mampu melihat hal baik dan buruk. Kamu tidak lagi bisa membedakan mana yang baik dan buruk karena logika dan mata hatimu telah ditutupi cinta. For example, dia sudah berulang kali berbuat kasar dan menyakiti kamu, tetapi di matamu dia tetap pasangan yang terbaik! Hey, get real!

#3. Suka dibohongi dan dikekang. Sekalipun si dia sudah berulang kali membohongi atau mengekang, kamu tetap percaya kalau dia benar-benar mencintai dan menyayangi kamu.

#4. Masih ‘keukeh’ meski dikhianati berulang.  Kamu tetap bertahan atau mempertahankan hubungan sekalipun si dia telah berkali-kali selingkuh. Lebih celaka, ketika kamu menganggap hal itu biasa! Sadar dong, ketika pasangan kamu selingkuh berarti dia tidak (pernah) benar-benar mencintai kamu.

#5. Lumrah dengan sikap EGP pasangan. Kamu harus tahu, sebuah hubungan hanya bisa terjadi jika ada timbal balik antara kamu dan dia. Jika hanya kamu yang berusaha, sementara si dia cuek bebek alias EGP dengan hubungan kalian, tetapi kamu masih tetap bertahan, berarti kamu sudah terjebak dalam cinta buta.

#6. Fokus hanya pada berdua. Kamu tidak ingin menerima segala fakta yang diberikan orang lain tentang si dia maupun hubungan kalian. Fokus perhatian dan hidupmu hanya pada dia dan juga apa yang kamu inginkan.

When something goes wrong

The big question is,  apa “cinta buta” itu berbahaya? Biar jelas dan nempel di kepala, Transformer coba merangkum kisah-kisah berikut buat kamu… Yuk, dibaca!

Neil & Jacqueline Megson; Rasa cinta membuat pasangan suami istri ini melakukan hal ekstrem. Demi menunjukkan cintanya satu sama lain, Neil dan Jacqueline melakukan operasi plastik agar penampilan keduanya menjadi mirip secara permanen.

Jordan Cardella; Pemuda asal Wisconsin, USA, ini sangat patah hati ketika kekasihnya memutuskan hubungan cinta mereka berdua. Ingin mendapatkan kembali cintanya, Jordan nekat meminta kenalannya, Michael Wezyk untuk menembak dirinya dengan senapan asli. Harapannya, sang mantan kekasih menjadi iba karena melihat Jordan terluka dan mau kembali padanya.

Rini Setyowati, demi cinta wanita muda ini rela memberikan segalanya untuk pria pujaannya, hal itu membawanya dari satu dosa ke dosa lain, dan berujung harus membunuh darah dagingnya sendiri dengan aborsi berulang kali.

Di Alkitab sendiri ada beberapa contoh yang bisa kita jadikan pelajaran, yaitu kisah cinta buta Daud terhadap Betsyeba, lalu cinta Samson terhadap Delilah dan cinta Salomo terhadap para wanitanya. Dan kita bisa melihat akhir dari cinta buta mereka sangatlah tragis! Daud harus menerima hukuman anak cucunya mati dengan pedang. Samson kehilangan kekuatannya dan mati tertimpa bangunan. Salomo harus menanggung kehancuran kerajaannya.

Sekarang kita bisa simpulkan, cinta buta berpotensi menjerumuskan orang melakukan hal-hal bodoh, tak masuk akal, ekstrem bahkan dosa alias melanggar rambu-rambu dari kebenaran Firman Tuhan! Hubungan yang dilandasi cinta buta juga akan menciptakan hubungan yang tidak nyaman, tidak harmonis, jika berlanjut ke pernikahan berpotensi menyebabkan KDRT, bermasalah dengan orang lain, dll. Karena berbahaya dan merugikan diri sendiri (juga orang lain), baik di masa sekarang maupun masa depan, of course CINTA BUTA itu wajib dihindari dan dijauhi! Caranya? Semoga tips di bawah ini membantu!

Lihat fakta. Cara terbaik membuat kita bisa menerima kenyataan adalah dengan tidak menyangkali fakta-fakta yang sebenarnya.  Don’t deny it! Jangan menipu diri sendiri dengan mempercayai hanya apa yang ingin kamu percayai. Memang, butuh kebesaran dan kerendahan hati agar semua fakta yang dipaparkan ke hadapanmu bisa kamu telaah dengan jujur.

Berfikir jernih. Kamu harus selalu ingat bahwa apa yang kamu lakukan sekarang adalah demi kebaikanmu dan masa depan. Karena itu, kamu harus mempunyai kemampuan mengendalikan emosi dan pikiranmu. Jangan berpikir yang bersifat daging. Tetaplah berpikiran terbuka dan cermat mendengarkan apa yang dikatakan orang-orang lain (teman, sahabat, orangtua, kakak rohani, etc), bahkan apabila kamu merasa kalau opinimu benar.

 Terangi dengan Firman. Ingat, cinta itu tidak pernah buta andaikan kita terangi dengan kebenaran firman Tuhan. Seperti Daud katakan bahwa Firman Tuhan adalah pelita yang menerangi setiap langkah dan tindakan kita sehingga kita tidak terperosok ke jurang masalah. Cinta menjadi buta hanya jika kita membiarkan hati kita yang dibutakan terlebih dulu. But as long as, kita hidup dan tinggal dalam setiap kebenaran Firman Tuhan, maka kegelapan tidak akan pernah menguasai kita. That’s why, teruslah baca, renungkan dan lakukan firman-Nya!

 Berdoa. Bawalah pergumulan cinta atau hubunganmu ke hadapan Tuhan. Mintalah tuntunan dan petunjuk dari-Nya agar saat kamu membangun sebuah hubungan terluput dari cinta buta.  Kamu harus tahu, Tuhan selalu menjadi tempat yang tepat untuk kamu curhat hal apapun!

Just do it! Kamu sudah tahu apa yang harus dikerjakan, maka kerjakanlah itu! Jangan menunda! Ingat, iman tanpa tindakan adalah nonsen!


Leave a Reply