Father & Daughter

  • 0

Father & Daughter

Father Daughter

Beberapa tahun yang lalu, sebuah harian Nasional mencantumkan berita mengenai seorang remaja yang gagal mengikuti Ujian Negara karena hamil di luar pernikahan.

Bagaimana pun sang remaja menangis dan memohon, panitia ujian tetap pada keputusannya: peraturan pemerintah tidak mengizinkan remaja putri ini ujian.

Dunianya pun runtuh. Masa depannya hancur !!

Kasus-kasus seks pranikah makin banyak. Selain mengindikasikan adanya masalah dalam sistem keluarga, khusus untuk remaja, seks pranikah menunjukkan miskinnya informasi yang didapat anak dari orangtuanya.

Nah, penelitian Ilmu Psikologi menemukan bahwa peran ayah sangat besar dalam pertumbuhan anak perempuan. Salah satu sisi pengaman anak perempuan kita agar tidak mudah terjebak dalam seks pranikah adalah kedekatan dengan sang Ayah, karena dia membutuhkan figur seorang pria yang mengasihinya pada masa pertumbuhannya.

Ada perbedaan antara peran ayah dan peran ibu dalam membesarkan anak-anak berdasarkan jenis kelamin. Mungkin kita berpikir bahwa ibu lebih bisa mengurus anak daripada ayah, namun sebenarnya, ayah memiliki peran besar dalam perkembangan anak perempuannya.

Anak-anak perempuan kecil bertumbuh di dalam suatu dunia hubungan. Rasa berharga mereka dan bagaimana mereka menilai dirinya itu ditentukan melalui hubungan-hubungan yang mereka miliki. Keselamatan dan rasa aman mereka ada termasuk di dalam lingkup hubungan-hubungan mereka, khususnya hubungan dengan sang ayah. Seorang penyair mengatakan bahwa cinta pertama seorang gadis adalah kepada ayahnya. Dia pertama-tama mengenal “dunia” pria dari sang ayah.

Nah, bagaimana menjadi ayah yang baik bagi anak perempuan?

  1. Mengasihi istri dengan sepenuh hati.

Mengasihi istri dan memperlakukannya dengan penuh rasa hormat, merupakan cara yang ampuh untuk menyentuh ke dalam relung hati terdalam putri kita. Ketika seorang anak perempuan melihat ayahnya memperlakukan ibunya dengan penuh kasih, maka dia akan sangat menghargai dan menghormati sang ayah. Kelak dia juga akan mempercayai bahwa nasehat ayahnya pastilah benar dan itu demi kebaikan mereka juga.

  1. Kencan dengan anak perempuan.

Manfaat apa yang diperoleh dari moment berkencan antara sang ayah dengan putrinya?

Saat berkencan dengan anak perempuan, maka sang ayah sedang membangun visi tentang bagaimana seharusnya pria memperlakukan wanita. Anak perempuan akan belajar seperti apakah diperlakukan dengan hormat oleh pria, sehingga kelak mereka tidak mengijinkan apabila ada pria yang ingin memperlakukan mereka dengan cara yang tidak hormat.

Selain itu, penerimaan seorang ayah sangat penting dalam kehidupan anak perempuan. Nah, agar anak merasa diterima, maka anak perlu dimengerti. Untuk bisa mengerti dan memahami anak, maka “kencan” adalah kunci untuk masuk ke dalam dunia anak perempuan.

Kencan dapat dilakukan dengan pergi berdua ke tempat yang netral, seperti restoran, cafe, dan sebagainya.

Di dalam suasana kencan, sang ayah dapat menjadi teman bagi putrinya, berbicara dan curhat dengan mereka serta bersenang-senang.

  1. Melipatgandakan sentuhan.

Ketika anak perempuan menginjak masa puber, ia memiliki kebutuhan psikologi untuk tertarik kepada seorang pria hanya melalui sentuhan yang sederhana, sehat dan penuh kasih sayang. Bila ia tidak memperolehnya dari ayah, maka ia akan mencoba menemukannya di tempat lain.

Anak perempuan pada umumnya tidak mencari seks, tetapi mencari kasih sayang, namun mereka seringkali dimanipulasi untuk memberikan seks agar dapat memperoleh kasih sayang.

Nah, pelukan ayah akan membuat anak perempuan tidak lagi mencari kasih sayang pria di tempat-tempat lain, dia juga tak akan mudah jatuh dalam rayuan gombal temannya.

Anak-anak perempuan yang menerima cinta yang cukup dari ayah mereka tidak mudah mengumbar-umbar cinta ke sembarang pria di sekitarnya. Dia sudah mendapatkan cukup dari pria terbaik dalam hidupnya saat ini, yaitu ayahnya. Ini merupakan modal sehingga dia mampu berkata TIDAK, saat digoda oleh pria  dan terhindar dari hubungan seks pranikah.

Sebaliknya, jika dia kekurangan sentuhan dan kasih sayang, maka dia akan mencarinya dari teman-teman pria di luar rumah, dalam pergaulannya. Tapi akan sangat bahaya jika dia mendapatkan di tempat yang salah dan bertemu dengan pria yang menjerumuskannya serta tidak bertanggung jawab.

Sentuhan adalah keajaiban.

Sentuhan adalah cara yang dahsyat untuk mengkomunikasikan kasih, penerimaan dan keamanan. Ketika ada banyak sentuhan yang penuh kasih di dalam hubungan keluarga, maka kesembuhan, kesehatan dan keberhasilan akan menyertai.

Ketika kurang ada sentuhan penuh kasih, maka penyakit, depresi dan kegagalan akan menyertai.

Memeluk itu sangat sehat. Pelukan menolong sistem kekebalan tubuh. Pelukan menjaga kita tetap sehat, menyembuhkan depresi dan mengurangi stress. Pelukan mempengaruhi tidur, menguatkan, memperbaharui kesegaran. Pelukan tidak memiliki dampak-dampak sampingan yang tidak menyenangkan. Memeluk adalah tidak lebih daripada sebuah obat yang ajaib. Pelukan semua terbuat dari bahan yang alamiah, berasalah dari alam dan manis secara alami. Tidak mengandung pestisida, bahan pengawet atau pemanis buatan dan 100% baik untuk kesehatan. Pelukan tidak bersifat boros energi namu menghasilkan energi yang besar,

Sudahkah kita memeluk anak kita hari ini  ??

 


Leave a Reply