HIDUP MEMILIKI IMPIAN

  • 0

HIDUP MEMILIKI IMPIAN


Kejadian 37 : 5 – 10

Kisah ini mengenai Yusuf yang mendapat mimpi tentang masa depannya. Dari sinilah Yusuf menerima sebuah Impian untuk hari depannya. Impian adalah berbicara tentang :
– Tujuan di masa depan
– Sebuah Cita-cita di masa depan
– Kerinduan akan apa yang terjadi di masa depan

Ada orang yang memiliki impian seperti Yusuf, tetapi ada juga yang tidak memiliki impian sama sekali, atau tidak jelas impiannya. Ternyata memiliki impian dengan tidak memiliki impian akan sangat berpengaruh bagi kehidupan kita. Olah sebab itu sangat penting kita memiliki impian dalam hidup kita….Berikut ini 5 Alasan kenapa kita harus memiliki Impian :

1. Impian memberi Arah/Tujuan dalam perjalanan kehidupan kita (Kej 37 : 8)
Kehidupan kita adalah seperti sebuah perjalanan, dimana ada titik start dan titik finish-nya.
Kita telah memulai titik start bersama dengan Tuhan sewaktu kita menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan & Juruselamat, setelah itu kita melangkah kearah kemana?
Temukan arah hidup kita dengan menemukan impian kita.2. Impian membawa pada Kerinduan untuk Maju & Bertumbuh (Kej 39 : 1-2)
Ada beberapa orang yang berada pada “Confort Zone” (Zona Nyaman) dan mengalami kehidupan yang STAGNASI (DATAR), kenapa?
Sederhana saja, mereka tidak tahu akan menuju kemana, menjadi apa, dan berbuat apa. Hal ini dikarenakan mereka belum menemukan Impian dalam hidup mereka.
Impian membuat kita “tidak puas” dengan apa yang telah ada, karena Tuhan memberikan yang “lebih lagi” di masa depan kita. Ingat Impian akan menarik kita kedepan labih maju!3. Impian memberi Semangat (Kej 37 : 9)
Impian membawa harapan baru. Jika ada sebuah pengharapan baru, tentu kita memiliki semangat baru. Semangat dalam kehidupan inilah yang menjadikan hidup kita menjadi berbeda dengan orang lain!! Hasil pekerjaan orang yang semangat tentu beda dengan hasil pekerjaan orang yang tidak memiliki semangat.4. Impian memberi Kekuatan disaat lemah (Kej 37 : 24)
Setiap manusia biasa menjadi lemah, termasuk kita. Tetapi bilamana situasi itu terjadi, maka bila kita memiliki mimpi, maka kita akan merasa lebih kuat dalam menghadapinya.
Ingatlah dan bayangkan impian itu setiap kali kita sedang lemah!!

5. Impian MEMULAI penggenapan Rencana Allah atas hidup kita (Kej 45 : 8 – 9)
Setiap manusia memiliki Rencana Allah dalam hidupnya. Jika Tuhan mencipta, tentu Dia memiliki sebuah TUJUAN dan RANCANGAN bagi manusia. Dan Dia juga sangat rindu kita menggenapi RencanaNya dalam hidup kita.
Pada saat kita memiliki impian, kita sedang “memulai” sebuah penggenapan rencana Allah. Memang penggenapan rencana Allah tidak instant, tapi perlu sebuah proses dan waktu, tetapi impian telah membuat itu dimulai!
Milikilah iman pada apa yang telah Tuhan tetapkan sebagai Rencananya dalam hidup kita.

Bagaimana Cara menemukan Impian?

1. Tuhan memiliki ImpianNya bagi kita
Maz 139 : 16
Ingat : Yang harus kita mimpikan adalah impiannya Tuhan bukan impian kita sendiri!!!
Ciri impian dari Tuhan :
a. Impian itu biasanya lebih besar dari kapasitas / kemampuan kita sekarang
b. Impian itu memiliki tujuan memberkati orang lain

2. Mencari impianNya itu
Habakuk 2 : 1
Tuhan mengajar kita untuk meminta, mencari, dan mengetok supaya kita mendapatkannya.
Carilah impian itu dalam hadirat Tuhan!! Jangan cari impian dari kebutuhan, keinginan kita, tapi cari dalam Hadirat Tuhan!

Paling tidak ada 3 macam impian dalam hidup kita :
a. Impian bagi Pribadi kita
b. Impian bagi Keluarga kira
c. Impian bagi Anak-anak kita

3. Menuliskan dan mendoakan terus impianNya itu
Habakuk 2 : 2
Kenapa harus ditulis? Ini memperjelas mimpi dengan lebih detail. Ingat semakin detail, itu semakin jelas apa yang akan kita capai!

Kenapa didoakan? Iblis tentu saja tidak tinggal diam jika kita memiliki impian Tuhan, dia ingin mengagalkannya. Tapi Doa kita akan menjaga, impian itu bertumbuh sehingga menjadi kenyataan pada waktunya.

Selamat menemukan Impian Tuhan dalam Hidup kita…. Tuhan Yesus memberkati!

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply