Apakah Saya Rendah Diri ?

  • 0

Apakah Saya Rendah Diri ?

Sejak kecil saya sering merasa tidak percaya diri atau minder. Saya merasa bahwa saya tidak memiliki sesuatu yang saya banggakan. Saya juga tidak percaya bahwa saya bisa sukses di dalam hidup.  Saya sering merasa gelisah dan ketakutan, takut bergaul dengan orang lain. Saya merasa tidak ada orang yang ingin berteman dengan saya, sehingga saya sering menghindar.  Apakah saya bisa mengetahui tingkat kepercayaan diri saya?  Bagaimana caranya supaya saya bisa meningkatkan kepercayaan diri saya?  (Sean, 25 tahun)

 JAWAB :

Terima kasih untuk pertanyaan Anda. Terima kasih juga untuk kejujuran Anda atas perasaan Anda terhadap diri sendiri.

Saya bisa memahami kegelisahan dan kekhawatiran Anda saat ini. Anda merasa bahwa Anda tidak memiliki sesuatu yang dapat dibanggakan, merasa tidak ada orang yang ingin berteman dengan Anda, kemudian Anda juga mengkhawatirkan apakah nantinya Anda akan sukses dalam hidup ini.  Nampaknya, Anda sedang berjuang dengan masalah kepercayaan diri Anda.

Well, adalah sesuatu yang alamiah bagi setiap kita untuk berjuang dengan hal tersebut, dan banyak yang mengalaminya sejak masih anak-anak.  Di dalam Alkitab pun mengisahkan Musa, yang merupakan salah satu individu yang paling berbakat yang pernah hidup (Kejadian 7:21-22). Dia pernah mendapatkan pendidikan paling baik yang ada di Mesir, ditambah dengan pengalaman pribadinya dengan Allah sendiri. Namun demikian, pada usia delapan puluh tahun, dia menghadapi pergumulan berat dengan perasaan-perasaan rendan diri.

Seseorang yang mengalami perasaan rendah diri adalah sesungguhnya menderita secara emosi. Nah, secara umum ekspresi orang yang rendah diri ada dua, yaitu :

  • Menghindar, seperti segan tampil di depan dan tidak mau konflik dengan orang lain. Jika ada konflik, ia suka menyalahkan diri sendiri.
  • Menyerang, di mana ekspresinya sombong dan angkuh, suka menyerang jika terpojok, marah berlebihan dan cenderung menyakiti orang lain dengan kata-kata atau perilaku.

Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri Anda, Anda dapat mencoba melakukan test ini sendiri dan hanya Anda saja yang akan mengetahui hasilnya. Oleh karena itu, lakukanlah test ini dengan jujur.

Tunjukkan dalam skala yang diberikan berapa sering Anda memikirkan setiap persoalan, lingkarilah :

No

Saya berpikir Tak Pernah Jarang Kadang-kadang Sering Sangat Sering

1

Saya ingin orang memberikan dorongan lebih banyak pada saya

0

1 2 3

4

2

Saya merasa pekerjaan saya terlalu banyak tuntutan

0

1 2 3

4

3

Saya kuatir tentang masa depan

0

1 2 3

4

4

Banyak orang tidak menyukai saya

0 1 2 3

4

5

Saya kurang bersemangat dan inisiatif dibandingkan dengan orang lain 0 1 2 3

4

6

Saya heran apakah pikiran saya normal 0 1 2 3

4

7

Saya takut mentertawakan diri saya sendiri 0 1 2 3

4

8

Orang lain lebih cakap dari saya 0 1 2 3

4

9

Saya takut berbicara dengan orang yang tidak saya kenal 0 1 2 3

4

10

Banyak tugas yang saya kerjakan sekaligus 0 1 2 3

4

11

Saya ingin belajar bagaimana belajar yang baik dengan orang lain 0 1 2 3

4

12

Saya ingin mempunyai kepercayaan diri sendiri yang lebih besar 0 1 2 3

4

13

Saya ingin tahu cara supaya orang lebih sering menyetujui saya 0 1 2 3

4

14

Saya suka dipuji 0 1 2 3

4

15

Kebanyakan orang tak punya hak untuk menyatakan pendapat tentang saya 0 1 2 3

4

16

Saya tak punya seseorang dengan siapa saya dapat sharing masalah pribadi 0 1 2 3

4

17

Orang terlalu mengharapkan diri saya 0 1 2 3

4

18

Orang tak cukup memperhatikan pekerjaan saya 0 1 2 3

4

19

Saya mudah bingung 0 1 2 3

4

20

Saya merasa kebanyakan orang tak mengerti saya 0 1 2 3

4

21

Saya tak merasa aman dalam lingkungan saya 0 1 2 3

4

22

Saya sering mengkhawatirkan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu 0 1 2 3

4

23

Saya tak senang bila saya masuk ruangan di mana sudah ada beberapa orang 0 1 2 3

4

24

Saya merasa orang-orang membicarakan saya di belakang saya 0 1 2 3

4

25

Saya merasa bahwa orang lain mendapatkan segalanya lebih mudah daripada yang saya kerjakan 0 1 2 3

4

26

Saya takut sesuatu yang tak baik akan terjadi pada saya 0 1 2 3

4

27

Saya memikirkan cara orang lain bersikap pada saya 0 1 2 3

4

28

Saya ingin lebih mudah bergaul 0 1 2 3

4

29

Saya dalam diskusi hanya berbicara jika saya merasa sudah yakin 0 1 2 3

4

30 Saya memikirkan apa yang diharapkan orang lain dari saya 0 1 2 3

4

JUMLAH SKALA YANG DILINGKARI

(atas ke bawah)

TOTAL SCORE

TOTAL SCORE

Tingkat Kepercayaan Diri

0 – 12

Sangat Kuat

13 – 25

Kuat

26 – 40

Rata-rata Kuat

41 – 59

Rata-rata Lemah
60 – 120

Lemah

ANALISA HASIL TEST :

  • Sangat Kuat : Anda tidak memiliki masalah dalam kepercayaan diri. Tingkat kepercayaan diri Anda sangat baik. Anda jarang khawatir mengenai pendapat orang lain mengenai diri Anda. Anda tak punya keraguan ataupun perasaan rendah diri.
  • Kuat : Dibandingkan dengan orang lain di dalam komunitas Anda atau dalam kelompok umur Anda, maka tingkat kepercayaan pada diri Anda sendiri adalah baik. Anda tidak khawatir mengenai kesan yang Anda timbulkan pada orang lain. Anda jarang ragu dan tidak punya perasaan rendah diri.
  • Rata-rata Kuat : Tingkat kepercayaan diri Anda berada dalam batas yang normal.
  • Rata-rata Lemah : Tingkat kepercayaan diri Anda cenderung agak lemah. Anda cenderung merasa ragu, kuatir mengenai pendapat orang lain dan mempunyai rasa rendah diri.
  • Lemah : Anda memiliki masalah dalam kepercayaan diri. Anda sering mengkhawatirkan mengenai pendapat atau kesan orang lain terhadap diri Anda. Sikap Anda cenderung emosional.

Nah, berikut adalah saran-saran untuk meningkatkan kepercayaan diri :

Pertama, SADARILAH bahwa :

# Kita sangat berharga di mata Tuhan dan Tuhan sangat mengasihi kita. Bukti dari keberhargaan kita adalah Tuhan menebus kita dengan darahNya yang mahal.

Yesaya 43 : 4a – “Oleh karena engkau berharga di mataKu dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau”

I Petrus 1 : 19 – “Kamu telah ditebus … bukan dengan emas atau perak … melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus..”

# Setiap kita diciptakan sangat unik dan istimewa, tidak ada yang satu orang pun yang sama seperti kita. Firman Tuhan menuliskan bahwa Tuhan membentuk setiap bagian tubuh kita ketika kita dibentuk sebagai menusia di dalam rahim ibu kita.

Mazmur 139 : 13-16 – “Betapa dahsyatnya dan ajaibnya kejadianku”

Kedua, JUJUR terhadap diri sendiri dengan mengakui jika selama ini telah memiliki perasaan rendah diri. Dengan mengakui, maka kita mulai dapat melakukan perubahan dan pembaharuan pikiran. Mintalah ampun kepada Tuhan.

Ketiga, TERIMALAH bahwa faktanya tidak ada manusia yang sempurna. Setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan. Hidup ini adalah proses untuk terus-menerus menyelaraskan hidup kita sesuai dengan Firman Tuhan. Belajarlah menerima kelemahan diri kita dan berfokuslah untuk menggali kelebihan atau potensi yang Tuhan berikan.

Keempat, mulai melakukan INVENTARISASI kelebihan-kelebihan kita.

Setiap kita dirancang dengan tujuan Allah.  Efesus 2 : 10 – Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

Oleh sebab itu, Tuhan memberikan kita talenta dan kelebihan untuk memenuhi panggilan hidup dan berjalan dalam rencanaNya. Nah, sebagian kelebihan itu belum kita sadari dan sebagian talenta itu mungkin masih tersembunyi.

Caranya adalah coba kita ingat-ingat apa yang menarik minat kita? Apa yang membuat kita paling bersemangat?  Steve Job, CEO dari Apple Computer pernah mengatakan, “Kamu harus menemukan apa yang kamu sukai.”

Kelima, bergabunglah dengan KOMUNITAS atau CareCell terdekat agar kita memiliki saudara seiman yang mendukung, membangun hubungan dengan orang lain serta belajar melayani sehingga potensi kita akan terus berkembang.

Keenam, membangun hubungan pribadi dengan Tuhan, melatih rasa bersyukur. SPIRITUALITAS yang baik membuat kita selalu berpikir positif dan menghargai setiap hal baik yang ada pada kita.

Ingatlah bahwa kita istimewa bukan karena kehebatan kita, kita istimewa karena Tuhan yang menjadikan kita istimewa.


Leave a Reply