Test Bahasa Cinta

  • 0

Test Bahasa Cinta

Tags :

Category : MARRIAGE

download

Saya telah menikah selama 7 tahun, tapi saya merasa pernikahan saya tidak bahagia dan hambar. Saya merasa tidak dicintai oleh suami saya. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan suami saya. Dia adalah orang yang baik dan bertanggung jawab.  Dia juga senang membantu saya melakukan pekerjaan di rumah yang seharusnya dikerjakan saya sebagai istri. Tapi, entah mengapa saya ada perasaan kesepian, merasa diabaikan, merasa bahwa saya bukan orang yang penting bagi suami. Sebenarnya saya tidak menuntut banyak, saya hanya ingin punya waktu berdua untuk ngobrol, pergi berdua…  Sebenarnya kalau pulang dari luar kota, suami suka membelikan hadiah buat saya sebagai bentuk perhatiaannya pada saya. Tapi…. bukan barang yang saya butuhkan, saya ingin punya waktu lebih banyak.  Apa yang salah dengan hubungan kami? Apakah saya istri yang terlalu menuntut? Saya harus bagaimana?  (Cynthia 35 tahun)

Ibu Cynthia,

Terima kasih untuk pertanyaan Anda. Terima kasih juga untuk kejujuran Anda atas perasaan Anda terhadap diri sendiri.  Saya bisa memahami apa yang Anda alami di dalam hubungan pernikahan Anda. Di satu sisi Anda menyadari bahwa dia adalah suami yang baik dan bertanggung jawab, tetapi di sisi yang lain Anda tidak dapat mengabaikan perasaan Anda, yaitu Anda merasa tidak dikasihi dan terabaikan. Ada mempertanyakan apa sesungguhnya yang terjadi di dalam hubungan pernikahan Anda.

Melalui apa yang Anda uraikan, saya melihat bahwa sesungguhnya suami Anda berusaha untuk menunjukkan kasih dan perhatiannya kepada Anda, seperti tidak segan membantu Anda dalam pekerjaan rumah tangga , kemudian tidak lupa untuk membelikan hadiah jika bertugas keluar kota. Namun, bentuk perhatian yang diberikan oleh suami, berbeda dengan bentuk perhatian yang Anda butuhkan.  Sehingga, dapat dikatakan bahwa Anda dan suami memiliki BAHASA CINTA yang berbeda.

Nah, apa itu bahasa cinta?

Bahasa cinta adalah bentuk atau cara seseorang menyatakan cintanya kepada orang lain ataupun menerima ungkapan cinta dari orang lain.

Mengetahui bahasa  cinta kita dan bahasa cinta pasangan adalah salah satu cara untuk mengalami pemenuhan “tangki emosi cinta”. Apabila tangki emosi cinta seseorang penuh, maka dia akan memiliki kekuatan emosional, ibaratnya seperti bahan bakar yang dapat memberikan kekuatan sewaktu pasangan suami istri melalui hari-hari yang penuh dengan tantangan.  Namun, tidak sedikit konflik suami istri terjadi karena perbedaan ungkapan bahasa cinta.

Seperti yang Anda alami, Anda mengalami perasaan tidak dikasihi, merasa tidak penting, terabaikan dan kesepian akibat perbedaan bahasa cinta antara Anda dengan suami.

Nampaknya, bahasa cinta suami Anda adalah “tindakan melayani dan permberian”, sedangkan bahasa cinta Anda adalah “waktu yang berkualitas.”

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat jenis-jenis bahasa cinta yang diuraikan oleh Dr. Gary Chapman, yaitu:

#1. Kata-kata Penguatan. Seseorang yang memiliki bahasa cinta ini, ia akan sangat senang dan merasa disayang jika ia sering dipuji, diberi motivasi atau dukungan yang diucapkan berkali-kali. Sebaliknya, kata-kata negatif yang diucapkan terhadapnya dapat sangat melukainya. Ia pun akan mengungkapkan kasih mereka dengan cara memuji.

#2. Waktu yang berkualitas. Bahasa cinta ini artinya menghabiskan waktu bersama atau melakukan kegiatan bersama. Keberadaan pasangan di sisinya sangat berarti baginya. Terutama di saat-saat khusus seperti perayaan ulang tahun, nonton bersama, pergi berlibur bersama, kencan bersama, atau sekedar ada di sampingnya mendengar cerita-ceritanya di saat dia sedang sedih. Kesibukan pasangan dan ketidakhadiran pasangannya di momen-momen khusus biasanya akan melukai dirinya, dan dia akan merasa tidak dikasihi.

#3. PemberianBagi seseorang dengan bahasa cinta ini, cinta di-identikkan dengan pemberian atau hadiah. Dengan menerima hadiah ia merasa diperhatikan dan dikasihi. Dia sebenarnya bukan materialistis, karena bukan hadiah mahal yang diharapkan tapi perhatian yang dicurahkan dalam pemberian tersebut. Ia sangat menyukai kejutan walaupun hanya sekedar kartu ucapan ungkapan cinta.

#4. Tindakan Melayani. Bagi seseorang yang memiliki bahasa cinta ini, ia akan merasa dikasihi apabila pasangannya membantunya mengerjakan hal-hal yang ia inginkan. Contohnya : menyediakan sarapan, membantu menyiapkan keperluan, suami membantu istri di dapur, atau istri menolong suami mencuci mobil

#5. Sentuhan Fisik. Seseorang dengan bahasa cinta sentuhan fisik, secara emosi ia menginginkan bentuk kontak fisik seperti: dicium, digandeng, dirangkul atau ditepuk punggungnya. Bentuk kontak fisik yang kasar akan sangat melukai hatinya. Pelukan saat ia sedang sedih sangat berarti baginya dibandingkan kata-kata. Dengan sentuhan, ia akan merasa sangat diperhatikan.

Oleh karena itu, Dr. Gary Chapman menyarankan agar setiap kita mencari tahu apa bahasa cinta kita sendiri, dan bahasa cinta pasangannya.

Nah, bagaimana kita bisa mengenali bahasa cinta setiap pasangan kita?

Walaupun tidak mudah, pasangan dapat belajar dan berusaha mencoba untuk mengenali bahasa cinta pasangan kita.

Ada beberapa petunjuk untuk mengenali dan menemukan jenis bahasa cinta mana yang paling utama pada setiap kita atau pasangan  :

#1. Pertama-tama, kita perlu mengerti bahasa cinta kita sendiri lebih dulu.

#2. Perhatikan bagaimana pasangan mengekspresikan cintanya kepada kita.

#3. Perhatikan bagaimana pasangan mengekspresikan kasihnya kepada orang lain. Perhatikan dengan seksama bagaimana mereka berinteraksi dengan setiap individu lain dan orang dewasa, di mana mereka paling sering menunjukan perasaannya.

#4. Dengarkan permintaan yang paling sering di-ajukan. Kebanyakan setiap individu tidak malu untuk menyebutkan permintaan dan keinginannya. Jika kita belajar untuk “mendengarkan” hal-hal yang pasangan minta, maka kita dapat mendengar bahasa cinta utama dari pasangan kita.

#5. Dengarkan keluhan-keluhan yang sering diutarakan oleh pasangan. Ketika kita memperhatikan keluhan pasangan, biasanya keluhannya bisa berada pada kategori yang berhubungan dengan salah satu bahasa cinta mereka.

Apabila telah mengetahui bahasa cinta masing-masing, beradaptasilah. Cobalah melakukan hal yang sesuai dengan bahasa cinta pasangan. Ajaklah juga pasangan untuk membahas dan mendiskusikan mengenai bahasa cinta. Dengan demikan, kita dan pasangan akan sama-sama merasa dicintai.

Marilah kita terus bertumbuh dalam mengkomunikasikan cinta dalam keluarga kita !!

 

TES DETEKSI BAHASA CINTA
Pilih (beri tanda P  atau X pada kotak) yang paling cocok menggambarkan Anda saat ini
(bukan kondisi yang seharusnya, atau yang Anda inginkan)
A KATA-KATA PENGUATAN
1. Mudah memberikan pujian kepada orang lain.
2. Mudah memberikan kata-kata yang mendorong / memumpuk semangat kepada orang lain.
3. Memiliki gaya bicara yang ramah dan intonasi yang bersahabat.
4. Dalam berbicara menggunakan kata-kata yang merendah, bukan tuntutan atau perintah.
5. Kata-kata yang ditujukan kepada lawan bicara cenderung merupakan kata-kata dorongan,
  bukan sanggahan atau kritikan
JUMLAH
B WAKTU BERKUALITAS
1. Mampu memberikan perhatian penuh kepada lawan bicara dengan kontak mata, mendengarkan
   dengan seksama tanpa ingin menyela atau pun tampak terburu-buru
2. Senang menghabiskan waktu bersama orang lain dan melakukan aktivitas bersama
3. Menikmati dialog simpatik dengan berbagi pengalaman, pikiran, dan perasaan dalam suasana
   ramah dan berkelanjutan/kontinyu.
4. Memiliki kemampuan untuk mendengar lawan bicara dengan penuh empati dan tidak sambil
   melakukan aktivitas lain.
5. Sangat menikmati aktivitas dan pengalaman bersama orang lain dalam suasana penuh
   kepedulian dan saling memahami.
JUMLAH
C PEMBERIAN
1. Memiliki prinsip yang kuat bahwa kasih harus dibuktikan dengan pemberian hadiah,
  bingkisan, uang dan sebagainya.
2. Senang menerima suatu pemberian tanpa memandang nilai, bentuk, maupun jenis
  pemberian tersebut.
3. Cenderung lebih senang memberi daripada menabung.
4. Menganggap bahwa kehadiran diri secara fisik saat orang sedang mengalami masalah
  merupakan hadiah yang sangat berharga yang bisa diberikan untuk orang tersebut.
5. Senang membuat, menemukan, maupun membeli sesuatu untuk diberikan kepada orang lain.
JUMLAH
D TINDAKAN MELAYANI
1. Senang melakukan hal-hal yang orang lain harapkan kita lakukan.
2. Sering melakukan sesuatu bagi orang lain yang memerlukan pemikiran, perencanaan, waktu,
   usaha dan energi.
3. Berprinsip bahwa melakukan sesuatu bagi orang lain adalah wujud kasih kepada orang tersebut.
4. Senang melaukan hal-hal praktis untuk orang yang dikasihi.
5. Merasa dikasihi bila menerima pelayanan dari orang lain.
JUMLAH
E SENTUHAN FISIK
1. Spontan dalam berjabat tangan dan berpelukan untuk menunjukkan kedekatan dan keterbukaan.
2. Secara naluriah mengharapkan pelukan dari seseorang di saat kritis.
3. Berprinsip bahwa tidak ada yang lebih penting selain memberikan pelukan kepada seseorang
   yang dikasihi saat orang tersebut menangis.
4. Berprinsip bahwa sentuhan fisik merupakan bentuk komunikasi yang kuat.
5. Merasa diperhatikan dan dikasihi bila mendapatkan sentuhan fisik.
JUMLAH
Note : Hasil jumlah terbanyak itulah BAHASA CINTA Anda.

Leave a Reply