Monthly Archives: November 2016

  • 0

Buah Hatiku Berkebutuhan Khusus

special-needs

Saya khawatir dengan anak saya yang berusia 4 tahun karena perkembangannya berbeda dengan anak-anak lain seusianya. Dia sangat terlambat dalam banyak hal. Terlambat bicara, sulit fokus, tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah dan cenderung impulsif. Saya telah membawa anak kami ke Psikolog dan disarankan melakukan beberapa tes. Hasilnya disebutkan anak kami terdiagnosa Autism. Sebagai orangtua saya sedih dan bingung karena anak kami ternyata berkebutuhan khusus (ABK). Kami memikirkan masa depan anak kami. Apa yang harus saya lakukan sebagai orangtua, dan bagaimana seluruh anggota keluarga yang lain dapat mendukung juga? (Vivi, 36 tahun)

“Read More”


  • 0

TANTRUM pada Anak

Category : FAMILY , PARENTING

tantrum

Pernahkah Anda sebagai orang tua mengalami kegalauan dan merasa bingung ketika anak marah, menangis, bahkan sampai berguling-guling di lantai?

Salah satu masalah yang sering dihadapi orang tua yang memiliki anak-anak adalah TANTRUM.

Tantrum adalah luapan emosi kemarahan pada anak yang tidak terkontrol. Pada umumnya tantrum terjadi pada anak-anak yang berusia 1 sampai 3 tahun.  Perilaku yang ditunjukkan pada saat tantrum antara lain : meraung, menjerit, menangis, menghentakkan kaki bahkan berguling-guling di lantai.

Nah, tantrum harus diatasi dengan benar dan bijaksana sejak dini. Bila tidak, maka anak akan menggunakan tantrum untuk memanipulasi orang tua dan orang-orang tertentu. Anak pun akan tumbuh menjadi anak yang egois.

“Read More”