Monthly Archives: August 2016

  • 0

  • 0

Test Minat Bakat

Test Minat Bakat - 2016

 

Terkadang seseorang memilih pilihan hidup yang tidak sesuai dengan potensi, minat, dan bakat yang dimiliki. Sehingga tidak sedikit orang yang menjalani kehidupannya dengan tidak maksimal.

Sebagai contoh, siswa SMA yang akan memilih jurusan. Setidaknya ada tiga jurusan yang bisa dipilih, yaitu IPA, IPS, atau Bahasa.

Contoh lainnya, untuk anak yang akan memasuki jenjang pendidikan Perguruan Tinggi, jurusan atau bidang studi yang akan dipilihnya berhubungan dengan karirnya di masa depan. Tidak sedikit mahasiswa yang merasa “salah jurusan” dan akhirnya tidak menyelesaikan kuliahnya. Ada yang ingin  pindah ke jurusan lain, tetapi juga bingung untuk menentukan jurusan apa yang cocok baginya.

Oleh sebab itu, sangatlah penting apabila seorang anak dipersiapkan dengan baik agar mereka dapat berada di tempat yang tepat.

Setiap anak memiliki minat dan bakat tertentu dengan komposisi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Bakat adalah potensi yang dimiliki individu yang masih perlu dikembangkan serta dilatih untuk menjadi lebih cakap sehingga memiliki keterampilan khusus.

Secara fungsinya ada 2 jenis bakat yaitu :

#1. Kemampuan di bidang khusus,seperti bakat di bidang seni, mekanik dan sebagainya.

#2. Bakat khusus yang dibutuhkan sebagai perantara untuk merealisir kemampuan khusus, seperti bakat melihat ruang (dimensi) akan sangat dibutuhkan untuk merealisasi kemampuan di bidang tehnik arsitek.

Pengertian Minat adalah aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian, serta memberikan kesenangan. Minat dapat dijadika indikator dari kekuatan seseorang di area tertentu dimana dia akan termotivasi untuk mempelajarinya dan menunjukkan kinerja yang tinggi.

Bakat akan sulit untuk berkembang dengan baik apabila tidak diawali dengan adanya minat pada bidang yang akan ditekuni.

Test minat dan bakat dapat membantu memberikan gambaran mengenai kemampuan seseorang  anak di berbagai minatnya pada bidang-bidang tertentu, untuk kemudian dijadikan acuan dalam merencanakan serta membuat keputusan mengenai pilihan pendidikan atau pekerjaan.

Melalui tes bakat maka akan diperoleh gambaran mengenai berbagai bidang kemampuan dan minat seorang anak.

Hasil dari tes minat bakat yang diikuti dapat di-follow up dengan  mendiskusikan mengenai pilihan-pilihan jurusan dan karir yang telah dipikirkan oleh anak.


  • 0

Mengurai Konflik Pernikahan

19 Agustus - Mengurai Konflik Pernikahan

 

Sesungguhnya konflik adalah hal yang biasa terjadi. Di dunia kerja, pertemanan dan pastinya di kehidupan berumah tangga.

Jika biasa terjadi, mengapa berakibat fatal? Mengapa pernikahan menjadi dingin setelah konflik?

Jangan lewatkan program HOPE fo the Heart di 100,6 Heartline FM.

Jumat, 19 Agustus 2016

Jam : 18.00

Bersama Illyana Widodo, MA (Counseling)

Streaming : www.heartlineradio.com