Monthly Archives: October 2015

  • 0

Mother & Daughter

Category : PARENTING , WOMEN

Mother & Daughter

Hubungan antara ibu dengan anak perempuannya adalah hubungan yang istimewa, karena ibu dapat mengkomunikasikan kasih sayangnya kepada sang anak mulai dari dalam kandungan melalui sikap, perkataan dan sentuhannya. Kebutuhan pokok anak perempuan yang berkaitan erat dengan peran ibu adalah kebutuhan untuk dikasihi tanpa syarat yang menjadi landasan terbentuknya penghargaan diri yang kuat dan menjadi modal anak perempuan untuk mengemban peran kewanitaannya kelak saat membentuk keluarga.

Ibarat Sahabat

Ibu dapat memiliki hubungan yang erat ibarat sahabat dengan anak perempuannya. Sebagai sahabat maka ada waktu khusus berdua. Hubungan jenis ini baik sebab keduanya (ibu dan anak perempuannya) saling memperlakukan diri sebagai teman bermain, sehingga keduanya sama-sama memiliki rasa kepercayaan diri setiap melakukan banyak hal berdua. Jika hubungan ini baik, anak perempuan ‘curhat ‘ kepada ibunya tentang masalah percintaannya dengan nyaman pada saat remaja kelak dan dapat bertukar pikiran dengan baik.

Ibarat Saudara (Adik-Kakak)

Hubungan seperti ini baik karena ibu dan anak perempuan memiliki kesamaan dan keinginan untuk ‘mirip’ satu sama lain.

Walaupun usia ibu dan anak berbeda jauh, namun ibu dan anak perempuan  bisa saling mengerti satu sama lain. Dengan hubungan jenis ini, anak perempuan akan merasa dibutuhkan keberadaannya, sebaliknya ibunya akan merasa tetap dicintai.

“Read More”

  • 0

Apakah Saya Sudah Mengampuni?

forgive

Enam tahun yang lalu, saya pernah difitnah oleh rekan kerja sekantor. Padahal saya sering menolong kalau dia mengalami kesulitan. Akibatnya, saya dipecat dan kehilangan pekerjaan. Saat itu saya sangat kecewa, marah dan tidak percaya dia mengkhianati saya. Rasanya saya tidak akan melupakan perbuatannya yang jahat itu. Saya menganggur beberapa bulan, dan mengalami masa-masa sulit. Puji Tuhan, kemudian saya mendapat pekerjaan dengan bantuan saudara saya. Kondisi saya saat ini baik dan saya sekarang lebih berhasil daripada rekan saya itu.

Saya juga sudah mengampuni dan tidak dendam lagi dengan dia. Saya berusaha melupakan kejadian tersebut. Bulan lalu di pernikahan kerabat, saya bertemu rekan saya itu, jujur saya menghindar tidak mau menegur dia. 

Apakah saya sudah mengampuni atau saya masih menyimpan kepahitan ya? Saya jadi ragu-ragu dengan hati saya…..bagaimana caranya supaya saya bisa mengampuni total?  (Devi, 33 tahun)

“Read More”

  • 0

Love is (not) Blind

Tags :

Category : DATING , LOVE , LSD

love is blind

Love is the most beautiful of dreams and the worst nightmares– William Shakespeare. Benarkah cinta itu sesuatu yang terindah sekaligus mimpi yang paling mengerikan? Ehmm, cinta bisa saja menjadi mimpi terburuk andaikan “cinta” itu membuat kita ‘buta’ akan segalanya, sampai-sampai rambu-rambu di firman Tuhan pun ditabrak!

Cinta selalu jadi persoalan klasik dalam kehidupan manusia. Cinta juga menjadi topik pembicaraan yang tak kunjung habis. Salah satunya yang kita akan bahas ini, CINTA BUTA.  Pernah dong mendengar istilah ini?  Istilah yang khas diucapkan saat seseorang sedang dilanda asmara atau cinta yang menggebu-gebu tanpa alasan yang jelas. Dan faktanya, bukan cuma para abege atau remaja yang bisa dihinggapi perasaan cinta semacam ini, tetapi juga orang dewasa. Ini membuktikan usia tidak menjamin seseorang terbebas dari resiko terjangkit cinta buta.

Di salah satu ceritanya, Sherlock Holmes mendapat tugas yang cukup unik, memisahkan kedua pasangan yang hampir menikah. Mengapa Sherlock Holmes yang begitu masyhur karena kepintarannya ditugaskan hanya untuk memisahkan sepasang calon suami istri? Ternyata sang calon istri yang diketahui sangat cantik nan anggun juga keturunan bangsawan, jatuh hati dengan seorang pembunuh bayaran yang kejahatannya sudah terkenal di seantero Eropa. Holmes yang saat itu berpikir bahwa ini adalah cinta yang salah langsung bertindak. Tetapi sang calon istri bersikukuh, bahkan mengusir Holmes secara paksa karena baginya segala kejahatan yang diceritakan Holmes hanya fitnah belaka. Barulah ketika Holmes mendapat bukti yang sangat kuat, yaitu buku catatan tentang beratus-ratus wanita yang dinikahi sang penjahat, sang calon istri tersadar dan sangat menyesal, lalu membatalkan rencana pernikahan mereka.

“Read More”

  • 0

Ada Apa dengan LGBT??

Tags :

Category : FAMILY

Kupas Tuntas Pernikahan Sesama Jenis

Kalau mereka terhilang, tugas siapakah membawa mereka kembali menemukan jalan kebenaran yang membebaskan dan menghidupkan? Jangan acungkan jari telunjuk kita pada orang lain, sebab sejatinya tugas itu milik setiap kita!

LGBT (Lesbian Gay Bisexual Transgender)  dilegalkan! Kaget? Surprise? Syok?! Tetapi itu fakta, 26 Juni 2015, Mahkamah Agung Amerika Serikat secara resmi melegalkan pernikahan sesama jenis yang berlaku di 50 negara bagian AS. Dengan dikeluarkannya jaminan konstitusi tersebut, maka AS menjadi negara ke-21 yang melegalkan pernikahan sesama jenis ini. Dan seperti dilansir beberapa sumber berita, keputusan pemerintah AS tersebut dinilai banyak pihak akan berpengaruh terhadap perkembangan legalitas perkawinan sejenis di berbagai belahan negara.

Sejumlah prediksi pun bermunculan. Di antaranya,  jika UU pernikahan sejenis disetujui, gereja akan dipaksa (demi hukum) untuk melangsungkan pernikahan gay dan lesbian; demikian juga sekolah-sekolah akan memperkenalkan dan mengajarkan pernikahan sesama jenis sebagai suatu pilihan yang wajar. Masyarakat diedukasi untuk menerima homoseksualitas sebagai variasi seksual yang normal. Usaha mereka antara lain mencabut license konselor/therapist  yang melayani re-orientasi seksual (conversion therapy), serta memberi label pada kelompok yang menentang homoseksualitas sebagai “homophobia (takut, tidak suka, atau kebencian terhadap kaum homoseksual).

Sesaat pemerintah AS meresmikan UU tersebut, para pendukung pernikahan sejenis di seluruh belahan dunia menggunakan hashtag #LGBT untuk meluapkan kegembiraan. Dukungan pada hashtag #LGBT mencapai 172.931 tweet! Sementara perbincangan tentang LGBT sempat menjadi trending topic dunia. Jumlah perbincangan tentang LGBT pada lini massa twitter dari berbagai onliner di belahan bumi mencapai 377.633 tweet. Di Indonesia sendiri, mayoritas netizen (sebutan untuk pengguna internet) menolak pernikahan sesama jenis dengan dukungan mencapai 15.958 tweet. Tapi meski begitu, kita tak lantas bisa menutup mata dan menafikan bahwa belakangan semakin banyak gay dan lesbian yang ‘come from the closet’ dan secara terang-terangan menyebutkan identitas diri mereka. Ini bisa diartikan, pada sebagian besar masyarakat kita, anggapan homoseksualitas sebagai ketidaknormalan sedikit demi sedikit mulai terkikis dan menganggap homoseksualitas sekadar salah satu gaya hidup alternatif.

Waspada, dunia terus digiring untuk sepaham dengan apa yang sedang digelontorkan iblis ke permukaan. Terlebih, berbagai klaim sepihak penuh dusta digembar-gemborkan sebagai fakta. Di antaranya penelitian Kinsey yang menyatakan bahwa 1 dari 10 pria adalah homoseksual sejati, manusia menjadi homoseksual (gay atau lesbian) karena masalah genetika (gay gene), dan homoseksual tidak bisa disembuhkan. Anak-anak muda Kristen, jangan termakan dengan kebohongan besar semacam ini!

Bagaimana orang Kristen bersikap?

Setuju! Kita memang tidak boleh membenci, menyudutkan atau pun menghakimi mereka yang memilih jalan hidup sebagai lesbian, gay, bisexual, transgender. Namun di sisi lain, base on Bible, kekristenan melarang keras hubungan sejenis, baik itu dilakukan kaum pria atau wanita. Tak satu pun kalimat yang mendukung homoseksualitas di dalam Alkitab, apapun konteksnya.

“Read More”

  • 0

HOME THERAPY for Special Needs

Home Therapy - v2

HUG Ministry (Hope for the Uniquely Gifted Ministry)

Adalah komunitas dan support group bagi keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

HUG Ministry mengundang orangtua, guru, pengerja, guru sekolah minggu, konselor anak dan aktivis pelayanan anak berkebutuhan khusus untuk hadir dalam:

 

Seminar & Workshop

Tema : HOME THERAPY for Special Needs

Bagaimana kita memaksimalkan terapi pada Anak Berkebutuhan Khusus?

Apa yang dapat orangtua lakukan untuk melakukan terapi di rumah?

 

Sessi 1 : Analisa Gangguan Anak Berkebutuhan Khusus (Gangguan Taktil & Vestibular).

Sessi 2 : Tindakan Sederhana dengan Home Therapy.

 

Hari :  Sabtu, 24 Oktober 2015

Jam : 09.00 – 15.00

Tempat : WTC Church

Jln. Ruko Golden Boulevard 2 blok W1/29 – BSD

 

Narasumber : para pakar & konsultan Anak Berkebutuhan Khusus

#1. Ratih Zimmer Gandasetiawan, Dipl.Phys.T

  • Pengembang Program Sensomotorik dalam Pendidikan Inklusif Usia Dini
  • Ketua PAJ 1994 – sekarang (German Alumni Association)
  • Penulis buku : “Mengoptimalkan IQ & EQ Anak melalui Sensomotorik” & “Mendesain Karakter Anak melalui Sensomotorik”

#2. Melda Simorangkir M.Pd

  • Konsultan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
  • Direktur Golden Kids Center
  • Pembina penatalayan bidang anak di beberapa sinode

BIAYA PENDAFTARAN (termasuk makalah & makan siang) :

  • Perorangan : Rp 50.000,-
  • Pasangan : Rp 75.000,-
  • Assessment Anak & konsultasi : Rp 150.000,- /anak (terbatas untuk 15 anak)

Pembayaran biaya pendaftaran melalui transfer ke : BCA – 5490 999983, an. SELVIA.

Bukti transfer di-email ke  hugministry77@gmail.com & konfirmasi via sms ke nomor : 0813 14887777

Setelah melakukan pembayaran, maka dapat mengisi formulis pendaftaran di: Pendaftaran Home Therapy

 

Earlybird sampai dengan tanggal 10 Oktober 2015  akan mendapatkan VCD Special Needs Awareness.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Selvia :  0813 14887777


  • 0

5 Family’s Failures on Bible

Tags :

Category : FAMILY , MARRIAGE

FAMILY FAILURES

Membangun keluarga bahagia memang bukan proses mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan, bahkan diwaspadai. Alkitab menceritakan begitu banyak kisah tentang keluarga baik dari sisi keberhasilan maupun kegagalannya, sehingga kita bisa belajar dari pengalaman itu. Khusus untuk kisah yang gagal, tentu saja bukan untuk ditiru tetapi agar setiap keluarga sadar dan mewaspadai sehingga hal serupa tidak akan menimpa keluarga kita.

Berikut 5 KEGAGALAN KELUARGA di Alkitab yang perlu diwaspadai:

“Read More”

  • 0

Mendisiplin Anak & Remaja

Category : EVENT , PARENTING

Mendisiplin Anak & Remaja - v2

Ada berbagai alasan yang membuat orang tua bimbang dalam memutuskan bentuk disiplin yang akan diterapkan pada anak.

– Bagaimana mendisiplin anak secara Alkitabiah?

– Bagaimana memberikan disiplin sesuai usia anak?

– Seberapa efektif reward & punishment saat diterapkan?

Temukan jawabannya dalam Mini Seminar Petra Parents Club