Monthly Archives: June 2015

  • 0

Absent Fathers, Lost Children

FB_IMG_1435544383813

Peran ayah sangat penting dalam perkembangan anak-anak mereka, namun banyak ayah merasa ragu dengan tanggung jawab dan keistimewaan yang terkait dengan peran ini. Anak-anak membutuhkan ayah yang mencintai dan peduli kepada mereka secara konsisten.

Penelitian menunjukkan bahwa ayah yang terlibat secara aktif dalam membesarkan anak-anak mereka memberikan hasil yang positif dalam kehidupan mereka. Sebaliknya, ayah yang tidak terlibat secara aktif, anak-anaknya berkembang secara negatif. Seorang dosen di University of Southern California School of Medicine, menemukan kaitan yang sangat kuat antara gejala yang nampak pada orang-orang yang cenderung suka menganiaya dengan masa kanak-kanak yang sangat menderita.

63% anak remaja yang bunuh diri berasa dari keluarga tanpa ayah,  5 kali lebih tinggi dari angka rata-rata nasional (US Department of Health).

90% anak-anak yang lari dari rumah dan tak ada tempat tinggal, berasal dari keluarga tanpa ayah, 32 kali lebih tinggi dari angka rata-rata nasional (Journal of Justice & Behaviour).

80% pemerkosa yang dilatarbelakangi kemarahan berasal dari keluarga tanpa ayah, 20 kali lebih tinggi dari angka rata-rata nasional (US Department of Justice).

TAPI ….

Keluarga yang tinggal di lingkungan kriminal, namun dalam keluarga dengan peran orangtua stabil & AYAH berperan dalam keluarga tersebut, maka 90% anak dari keluarga tersebut TIDAK mengalami kenakalan remaja (Development & Pscychopathology, 1993)

“Read More”


  • 0

Menikah atau Tidak?? Saya Bingung…..

Category : COUNSELING , LSD

Saya sudah pacaran setahun. Orangtua saya sering bertanya dan mendesak saya untuk menikah? Nah, masalahnya adalah semakin mengenalnya, saya semakin ragu untuk melanjutkan hubungan ke pernikahan. Walaupun dia beragama Kristen, dia jarang ibadah ke gereja. Dia suka berbohong, suka dugem dan mabuk. Kalau jalan-jalan bareng dia sih menyenangkan, tapi kayaknya tujuan hidupnya adalah untuk bersenang-senang. Saya jadi ragu-ragu untuk menikah dan hidup bersama dia selamanya. Bagaimana ya, apakah saya harus melanjutkan hubungan dengan dia? Padahal saya juga sudah tidak muda lagi, tapi hati saya semakin tidak ada damai sejahtera jika bersama dia. (Marsya, 30 tahun)

“Read More”


  • 0

Good Dad vs Bad Dad

Good Dad1

Peran Ayah Membentuk Identitas dan Karakter Seks Anak 

Penelitian Ilmu Psikologi menemukan bahwa peran ayah sangat besar dalam menumbuhkan rasa keberhargaan dalam diri anak, baik pria maupun wanita.

Salah satu sisi pengaman anak perempuan kita agar tidak mudah terjebak dalam seks pranikah adalah kedekatan dengan sang Ayah.

Dia membutuhkan figur seorang pria yang baik, pengasih dan penyayang. Dia pertama-tama mengenal “dunia” pria dari sang ayah. Dia mendapatkan identitas seksual sebagai perempuan dari sang Ayah yang memperlakukan dia sebagai anak putri dengan baik. Dia bangga menjadi seorang wanita karena ayahnya menekankan itu di rumah. Karena itu dia berusaha menjaga kesucian dirinya sebagai perempuan, dan tidak ingin mengecewakan ayahnya hanya karena kesenangan pergaulan dengan temannya.

“Read More”