Author Archives: excellentfamily

  • 0

Bunuh Diri

Category : COUNSELING

Saya punya teman kuliah yang sedang mengalami masalah. Kelihatannya masalah yang dia hadapi cukup berat. Saya khawatir dengan teman saya ini, karena apabila berbicara dengan dia, dia sering menangis tetapi dia tidak mau menceritakan masalahnya. Belakangan ini dia tambah murung, sering bolos kuliah dan semakin menarik diri dari kegiatan yang ada. Bahkan dia pernah bilang bahwa dia sudah tidak ada semangat hidup. Katanya, percuma dia hidup … lebih baik dia mati saja. Dia pun pernah menulis status di sosial media : Bosan Hidup ! Saya khawatir jika teman saya ini akan nekat… kemudian bunuh diri. Apa yang bisa saya lakukan untuk menolong dia? (Jocelyn, 20 tahun)

“Read More”


  • 0

Apakah Saya Rendah Diri ?

Sejak kecil saya sering merasa tidak percaya diri atau minder. Saya merasa bahwa saya tidak memiliki sesuatu yang saya banggakan. Saya juga tidak percaya bahwa saya bisa sukses di dalam hidup.  Saya sering merasa gelisah dan ketakutan, takut bergaul dengan orang lain. Saya merasa tidak ada orang yang ingin berteman dengan saya, sehingga saya sering menghindar.  Apakah saya bisa mengetahui tingkat kepercayaan diri saya?  Bagaimana caranya supaya saya bisa meningkatkan kepercayaan diri saya?  (Sean, 25 tahun)

“Read More”


  • 0

Anakku Korban BULLYING

Anak kami berusia 13 tahun. Baru sebulan lalu pindah sekolah. Alasan kami memindahkan karena anak kami menjadi korban bullying di sekolah yang lama. Sempat beberapa bulan dia menolak untuk pergi sekolah, memaksa minta diantar ke sekolah padahal biasanya menggunakan fasilitas antar jemput. Dia semakin pendiam dan murung, bahkan sering mengalami mimpi buruk. Jika kami tanya penyebabnya, dia tidak mau menceritakan kejadian yang menimpanya. Kami baru mengetahui bahwa dia menjadi korban bullying dari temannya yang melapor. Karena kami khawatir anak kami menjadi trauma dan depresi, kami pun memindahkannya ke sekolah baru supaya menemukan lingkungan baru. Meski demikian, sebagai orangtua kami tetap khawatir, apakah anak kami akan mengalami hal yang sama di sekolah yang baru? Apa yang harus kami lakukan apabila anak kami di-bully oleh teman-temannya? Apakah ada tindakan pencegahan bullying? (Trisna, 40 tahun)

“Read More”


  • 0

Pengaruh Konflik Orangtua pada Anak

Category : FAMILY , PARENTING

Selama 20 tahun terakhir, muncul sangat banyak riset yang menunjukkan korelasi antara kualitas pernikahan seseorang dan kualitas parenting mereka.

Dari sudut pandang seorang anak, rumah tangga yang paling supportif adalah rumah tangga dengan kedua orangtua yang minim konflik pernikahan.

Dengan kata lain, perkembangan emosi dan psikologis seorang anak berhubungan dengan intensitas konflik antara kedua orangtua mereka.  Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa orangtua mana pun akan mengalami konflik.

Nah, bagaimana konflik ditangani akan membuat perbedaan yang sangat besar efeknya terhadap anak.

Pengaruh konflik pernikahan terhadap anak tidak didasarkan pertengkaran satu kali, tetapi pertengkaran yang berlangsung dari waktu ke waktu.

Apabila pertengkaran dapat diperbaiki dengan memuaskan dan damai, dengan kedua orangtua senang dengan hasilnya, makan akan berdampak positif pada anak, karena hal itu menjadi contoh bagi mereka tentang bagaimana konflik harus diselesaikan. Ini disebut konflik yang membangun (konstruktif).

Namun, tipe-tipe pertengkaran yang akan lebih berdampak negative pada anak adalah pertengkaran-pertengkaran yang dibiarkan tidak selelsai dalam jangka waktu yang lama. Tipe konflik-konflik yang terus-menerus dan agresif, dan konflik-konflik yang salah satu orangtuanya ditaklukkan oleh yang lain. Ini disebut konflik yang merusak (destruktif).

“Read More”


  • 0

4 Musim Pernikahan

musim-pernikahan

Kami sudah menikah selama 5 tahun. Saya merasa bahwa pernikahan kami tidak seperti yang kami harapkan. Saat pacaran dan awal menikah saya benar-benar cinta dengan suami saya. Saya memiliki impian bahwa pernikahan kami akan bahagia, tetapi sekarang impian saya sudah mati. Hubungan saya dengan suami semakin dingin. Saya merasa bahwa pernikahan kami tidak ada harapannya lagi. Sehingga saat ini saya merasa tertekan, kami semakin sering konflik yang tidak ada penyelesaiannya. Perasaan cinta saya juga sudah padam. Sebenarnya saya rindu pernikahan kami diselamatkan. Apakah pernikahan kami bisa dipulihkan?

(Niken, 36 tahun)

“Read More”


  • 0

Women Conference

Tags :

Category : EVENT , WOMEN

Amsal 31 : 10

Wanita yang cakap lebih berharga dari PERMATA.

Permata yang berharga ditentukan dari  3  C  :

COLOR – CUT – CARAT

Bagaimana proses untuk menjadi permata yang BERHARGA ?

#1. Melekat pada sumbernya

#2. Dibersihkan dari kotoran, agar semakin berkilau

#3. Dipanaskan

#4. Diasah

#5. Digunakan


  • 0

Give Your Best, Not Your Less

Category : EVENT , FAMILY

1 Samuel 7:15-17, 8:3

Mengapa di dalam 1 keluarga,  anak berbeda dengan orangtua?

Sebuah kegagalan nabi Samuel justru di area keluarga.

Penyebabnya adalah (ayat 17) : Samuel KEHILANGAN WAKTU bersama keluarga karena terlalu sibuk dengan kegiatannya.

Bila ada waktu bersama dengan keluarga,  seharusnya akan ada :

  1. Pengajaran Firman Tuhan
  2. Keteladanan
  3. Bertumbuh secara rohani bersama-sama
  4. Hubungan

Bagaimana mengatur waktu kebersamaan?

  1. Sadar bahwa waktu bersama keluarga TERBATAS (Pengkh 3:1-2)
  2. Menata prioritas dengan benar
  3. Komitmen & bayar harga untuk menyediakan waktu bersama keluarga

  • 0

Potensi Terselubung Wanita

Tags :

Category : WOMEN

Wanita sejatinya bukan makhluk lebih lemah dan bodoh. Wanita Tuhan ciptakan sama berharga dan sama dalam kesempatan berkarya dengan laki-laki.  Tahukah kalau di balik kelembutan seorang wanita tersimpan potensi besar yang tak terkira? Malahan ada beberapa aspek yang membuat wanita dikatakan punya sifat kepemimpinan yang natural. Realita ini bisa kita lihat pula pada sejumlah wanita dalam Alkitab! Apa saja potensi tersebut? Ini ulasannya!

“Read More”

  • 0

Raising Teens Class

 

Kelas Parenting untuk orangtua yang memiliki anak remaja (usia 12 – 17 tahun).

Kelas : RAISING TEENS

Topik :

# Memahami perkembangan, kebutuhan & masalah remaja

# Menolong remaja mengenali potensi diri

# Berkomunikasi dan bersahabat dengan remaja

# Mendisiplin anak remaja


  • 0

Test Bahasa Cinta

Category : MARRIAGE

download

Saya telah menikah selama 7 tahun, tapi saya merasa pernikahan saya tidak bahagia dan hambar. Saya merasa tidak dicintai oleh suami saya. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan suami saya. Dia adalah orang yang baik dan bertanggung jawab.  Dia juga senang membantu saya melakukan pekerjaan di rumah yang seharusnya dikerjakan saya sebagai istri. Tapi, entah mengapa saya ada perasaan kesepian, merasa diabaikan, merasa bahwa saya bukan orang yang penting bagi suami. Sebenarnya saya tidak menuntut banyak, saya hanya ingin punya waktu berdua untuk ngobrol, pergi berdua…  Sebenarnya kalau pulang dari luar kota, suami suka membelikan hadiah buat saya sebagai bentuk perhatiaannya pada saya. Tapi…. bukan barang yang saya butuhkan, saya ingin punya waktu lebih banyak.  Apa yang salah dengan hubungan kami? Apakah saya istri yang terlalu menuntut? Saya harus bagaimana?  (Cynthia 35 tahun)

“Read More”